Manfaat Probiotik untuk Kesehatan


Monday, 14 February 2011

Probiotik, menurut WHO, adalah bakteri hidup, yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat memiliki dampak baik untuk kesehatan kita.
Jenis dalam pencernaan manusia terdapat dua bakteri, bakteri jahat dan bakteri baik. Jika jumlah bakteri jahat lebih banyak, maka seseorang bisa mengalami gangguan pencernaan.
Menurut penelitian yang ada, probiotik memainkan peran yang penting terkait kesehatan pencernaan. Probiotik yang dikenal orang diantaranya Bakteri Lactobacillus, Streptococcus, dan Bifidobacterium. Fungsi probiotik bermacam-macam. Ada yang membantu penyerapan nutrisi, ada yang dapat memproduksi vitamin, ada yang membantu melawan pertumbuhan bakteri jahat, ada juga yang berperan dalam ekosistem usus.
Sebenarnya di dalam tubuh kita sudah ada probiotik, salah satunya di dalam saluran pencernaan. Dalam keadaan normal, tidak diperlukan penambahan bakteri, namun jumlah bakteri baik bisa menurun karena gaya hidup seperti mengkonsumsi goreng-gorengan, fast food, makanan pengandung pengawet dan pewarna, makanan kotor, makan tidak teratur, stress, konsumsi antibiotika, dan merokok. Sehingga jumlah bakteri jahat lebih banyak dari bakteri baik, yang bisa memicu gangguan kesehatan pencernaan, seperti diare. Probiotik kita butuhkan untuk menjaga keseimbangan dalam pencernaan.
Probiotik dapat ditemukan pada yoghurt segar. Jadi, mulailah mengonsumsi yoghurt secara teratur untuk membantu menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam tubuh kita.
Sumber:
http://www.thenibble.com
http://www.activia.ca
http://kesehatan.kompas.com
Sumber Gambar:
http://www.mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar bersifat positif dan sopan.