Pencernaan Lancar, Tubuh Lebih Sehat


Friday, 18 March 2011

Siapa bilang susah buang air besar, atau sembelit adalah hal sepele. Jika dibiarkan, hal ini dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita secara keseluruhan lho!
Banyak orang yang tidak sadar bahwa dirinya terkena gangguan pencernaan. Padahal, menurut para ahli, frekuensi buang air besar sebanyak 3 kali dalam seminggu sudah dapat dikategorikan sebagai sembelit. Namun, ada saja orang yang tetap santai meski hanya buang air besar sebanyak 2 kali dalam seminggu, atau bahkan satu kali dalam seminggu.
Saat susah buang air besar, kotoran akan menumpuk di usus kita. Menyebabkan perut terasa tidak enak. Jika badan sudah tidak enak, tentunya akan berdampak pada hal lain dalam kehidupan kita, misalnya saja jadi sulit konsentrasi bekerja akibat perut terasa penuh.
Sembelit yang dibiarkan terus menerus tanpa diobati dapat mengarah kepada kanker. Selain itu, kebiasaan buang air besar kita bisa menjadi suatu indikasi adanya penyakit lain yang bersarang di tubuh kita. Jadi, kita harus lebih memperhatikan kesehatan pencernaan.
Menggunakan obat pencahar untuk mengatasi susah buang air besar, sebenarnya tidak disarankan. Bahkan obat pencahar sebetulnya adalah salah satu penyebab sembelit. Lebih baik jika kita rutin mengonsumsi makanan tinggi serat, banyak minum air dan olahraga dan mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik sebagai tambahan.
Probiotik dapat membantu usus kita bekerja lebih baik sehingga terhindar dari gangguan pencernaan. Probiotik, salah satunya, bisa kita dapat dengan mengonsumsi yoghurt. Tentunya dengan catatan, yoghurt tersebut memang diproses dengan menambahkan probiotik ke dalamnya.
Oleh karena itu, sebelum Anda terlanjur terkena sembelit, ada baiknya jagalah kelancaran pencernaan Anda mulai dari sekarang.
Image Source
www.gettyimages.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar bersifat positif dan sopan.