Manfaat Kesehatan dari Bakteri hidup dalam Yoghurt ( Lactobacteria ).


Manfaat Lactobacteria di dalam Yoghurt.

Ada 6 manfaat kesehatan yang didapat dari
bakteri Yoghurt ( Lactobacteria ).

Usus besar setiap orang akan menjadi tempat berkembangnya bakteri sehat yang sangat memberikan kontribusi bagi kesehatan kita, bakteri berkembang dalam gula laktosa dalam usus yang berada dalam suasana asam terutama bakteri Lactobacillus Acidophilus. Berikut adalah beberapa manfaat yang diberikan oleh bakteri tersebut untuk tubuh kita.

1. Meningkatkan pencernaan.
Sesuai dengan namanya bakteri tersebut membantu mencerna laktosa dalam produk susu, mencegah kelebihan laktosa dan mengurangi masalah dengan intoleransi laktosa. Bakteri tersebut juga membantu penyerapan nutrisi penting dan merangsang gerak peristaltik usus ( Gambar kiri atas ), yaitu gerakan usus yang membantu kita untuk buang air besar dengan teratur.


2. Sebagai penghasil vitamin.
bakteri-bakteri tersebut sebagai penghasil berbagai vitamin seperti B-Kompleks, dan vitamin K.

3. Sebagai penghasil nutrisi.
Bakteri yang ramah tersebut membantu di dalam pembuatan asam lemak esensial yang dikenal dengan sebutan asam lemak rantai pendek. Ini merupakan nutrisi penting untuk sel-sel usus dan juga memproduksi zat yang melawan pertumbuhan kanker.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh.
Bakteri ini menghambat pertumbuhan dari bakteri lain yang merugikan dan tumbuhnya jamur, seperti kandida (ragi). mereka menjaga usus dalam keadaan suasana asam dan melawan terhadap bakteri yang merugikan beserta toksin yang dihasilkan, bakteri yang bersahabat bagi tubuh manusia akan menghasilkan hidrogen peroksida yang mempunyai kemampuan sebagai antibiotik alami.

5. Melindungi terhadap karsinogen ( zat pemicu kanker ).
Bakteri -bakteri tersebut berpotensi mengikat karsinogen untuk mencegah merusak sel-sel yang sehat. L. bulgaricus mempunyai sifat anti-tumor.Secara khusus bakteri tersebut mengikat logam berat dan asam empedu , yang bersifat sebagi potensial karsinogen.Bakteri ini juga menghambat pertumbuhan bagi bakteri yang memproduksi nitrat ( bersifat karsinogen ),juga memetabolisme flavanoids.

6. Melindungi terhadap penyakit kardiovaskuler.
Bakteri-bakteri tersebut membantu mengatur tingkat kolesterol dan trigliserid dalam darah.


*Dari berbagai sumber