MANFAAT KESEHATAN YOGHURT

Kebiasaan minum yoghurt setiap hari sangat sehat bagi tubuh terutama bagi mereka yang memerlukan asupan protein, kalsium dan susu, yoghurt adalah pilihan yang tepat.


Yoghurt bukan sekedar minuman yang lezat saja, tetapi mempunyai manfaat kesehatan yang begitu besar yang mengandung sumber protein, kalsium, riboflavin dan vitamin B-12.Persyaratan mutlak yoghurt adalah keharusan mengandung kultur bakteri aktif dan hidup.Kultur terdiri dari mikroorganisme hidup unik yang membawa banyak manfaat kesehatan dan gizi bagi tubuh kita.Adapun beberapa manfaat yoghurt adalah sebagai berikut :


1. Meningkatkan kekebalan tubuh mengandung fosfor dan kandungan air sampai 88% yang baik dikonsumsi orang yang beresiko terhadap keropos tulang setidaknya mengkonsumsi satu gelas yoghurt per hari.

2. Melindungi tubuh atas kemungkinan terhadap resiko kanker.

3. Baik bagi orang yang sulit untuk mencerna laktosa, karbohidrat susu dan produk susu umumnya, karena kekurangan enzim laktase di dalam tubuh, kultur bakteri hidup yoghurt memproduksi laktase dengan cara menguraikan laktosa, yoghurt baik untuk pengganti susu bagi mereka yang tidak bisa mentolerir produk susu/alergi susu.

4. Bakteri dalam yoghurt mendorong berkembangnya bakteri dalam usus untuk membantu proses pencernaan makanan dan mencegah infeksi perut dan infeksi vagina bagi kaum hawa.( Infeksi candida vaginitis ), dimana pH vagina di atas 4,5 / keadaan normal pH 4,0-4,5.

5. Ditemukannya infeksi H. pylori adalah bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada perut dan bagian atas dari usus kecil, yang menyebabkan bisul dan akhirnya meningkatkan resiko terjadinya kanker perut. ( Kasus ditemukan di Taiwan ).

6. Mengurangi resiko tekanan darah tinggi.Penurunan resiko berkisar sampai 50% terutama bagi orang yang berusia antara 50 sampai 75 tahun



*Diambil dari berbagai sumber.