Stevia

Tentang Stevia

Stevia adalah tanaman yang memiliki daun dengan rasa manis luar biasa dan sangat menyegarkan dan mempromosikan kualitas kesehatan. Manisnya daun Stevia sebagian besar berasal dari molekul kompleks yang disebut stevioside dan senyawa kedua yang disebut rebaudioside. Daun Stevia memiliki cita rasa yang unik dan sangat manis dengan sedikit licorice. Manisnya daun Stevia jauh berbeda dengan manisnya pemanis alami lainnya seperti gula atau pemanis buatan, namun lezat. Stevia memiliki banyak manfaat kesehatan yang menarik dan benar-benar tidak menimbulkan efek samping.Stevia kaya nutrisi mengandung sejumlah protein, kalsium, fosfor, natrium, magnesium, seng, vitamin A dan C, dan nutrisi lainnya, namun tidak memiliki nilai kalori. Stevia adalah sangat membantu dalam penurunan berat badan karena fakta bahwa Stevia tidak mengandung gula, tidak ada kalori dan telah terbukti mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi makanan berlemak. Stevia dapat mengurangi sensasi lapar, baik juga untuk mereka yang pecandu tembakau dan alkohol. Mereka yang bermasalah dengan kandida dapat dengan leluasa menggunakan Stevia khususnya untuk penderita Autis. Stevia juga menormalkan kadar gula darah dan oleh karena itu mendukung aliran energi yang konsisten, tidak seperti gula, yang menyebabkan meningkatnya gula darah secara cepat karena keinginan untuk mengkonsumsi gula akan meningkat. Stevia dapat digunakan oleh penderita diabetes dan hipoglikemia dan baik juga bagi penderita hipertensi. Sangat menarik bahwa Stevia tidak berpengaruh terhadap kadar gula darah normal maupun tekanan darah normal. Stevia juga sebagai antimikroba : yaitu kemampuan untuk menghambat pertumbuhan dan reproduksi bakteri dan organisme yang menyebabkan infeksi.

Manfaat dari penggunaan Stevia.

Stevia telah terbukti bermanfaat bagi banyak orang bila digunakan sebagai suplemen makanan.Penelitian menunjukkan keuntungansebagai berikut :

* Tanpa gula tanpa kalori
* Tidak akan berpengaruh pada kadar gula darah.
* 100 % alami
* Ekstrak Stevia murni bisa 200 - 480 kali lebih manis daripada gula
* Stabil pada suhu sampai 200 derajat Celsius ( 392 derajat Fahrenheit )
* Non - difermentasi
* Pemacu Flavor
* Tidak menyebabkan karies gigi juga mencegah gigi berlubang
* Direkomendasikan bagi penderita diabetes
* Tidak memiliki efek samping/merugikan.

Bentuk-bentuk Produk Stevia.

Stevia daun ( sekitar 10 - 15 kali lebih manis dari gula ) berbentuk kering daun segar dan dikonsumsi seperti teh herbal.
Pucuk daun - seperti potongan-potongan kecil dan diayak untuk menghilangkan ranting dan bahan yang tidak diinginkan.
Daun ground ( Powder ) - Daun kering bawah dijadikan bubuk halus. Digunakan dalam teh dam memasak tetapi tidak larut.
Ekstrak cair - sekitar 70 kali lebih manis dari gula berbentuk sirup terkonsentrasi.
Bubuk Ekstrak - ( Steviosides ) : umumnya 200 - 300 kali lebih manis dari gula.


* Dikutip dari artikel .